Karburator Satria F150: Dari 12,5 Ganti jadi 15-17,5
ini
tips yang dikumpulkan dari S2W dan SSFC juga sumber-sumber lain (M+, Otomotif,
Oto+ dll) khusus bagi pemilik FU. mudah-mudahan tips ini dapat bermanfaat.
Penyemplak Suzuki Satria F 150 banyak ngalami gejala mbrebet di putaran bawah. Bahkan nggak sedikit yang sampai ditembak knalpot motor sendiri begitu lepas gas. Duarrr!
ini
sering terjadi terutama bagi motor fu yang memang masih baru keluar dari
pabrik.. sebenarnya tips ini sudah banyak yang menerapkan, karena memang sudah
tidak asing lagi khususnya bagi penyemplak si-FU… tapi ga apa-apa lah…
ketika
pertama dicermati Satria 4-tak 150 cc ini memang andalkan pilot-jet 12,5 dengan
setelan air screw ½ putaran. Walah, kecil sekale. Mungkin biar irit bensin kali
yee meski ujung-ujungnya gas nggak sip dibejek.
Sumantri
dari Chips Motor mengiyakan. “Jangan lupa diteruskan mengatur ulang setelan
udara setelah ganti pilot-jet, ujar pedege mangkal di Pos Pengumben Raya No.
33C, Jakarta Barat.
Pilihannya
buanyak, kok. Kitaco boleh, Daytona oke, orisinal apalagi. “Buat kota dingin
seperti Bandung, cukup pakai nomer 15 atau kepunyaan Jupiter standar. Kalau di
Jakarta, ideal pakai jadi 17,5 atau bawaan Shogun lama,” tandas Mantri yang
asal Salatiga itu.
GANTI
DAN PASANG SENDIRI
Kalau sudah dapat, buru bongkar cover mesin bebek DOHC ini. Lanjut copot karet boks filter dengan membuka klem pengikat pakai obeng plus. Kemudian tarik slang bensin, membran bensin dan pernapasan mesin.
Kalau sudah dapat, buru bongkar cover mesin bebek DOHC ini. Lanjut copot karet boks filter dengan membuka klem pengikat pakai obeng plus. Kemudian tarik slang bensin, membran bensin dan pernapasan mesin.
Ambil lagi obeng plus untuk kendurkan klem karet intake dari bawah. Tarik karbu nggak perlu sampai lepas kabel choke dan gas. Langsung deh buka mangkuk karbu. Angkat pilot-jet lama dan pasang spuyer baru pakai obeng min (gbr. 1). Beres itu, bisa langsung pasang kembali.
Lanjut
setel ulang air screw. Tujuannya biar suplai udara seimbang sama guyuran
bensin. “Kalau standar cuma ½ putaran berlawanan jarum jam. Pakai pilot-jet 15
naik jadi ¾. Sementara 17,5 pas di 1 putaran (gbr. 2), beber Mantri yang
pelopori bikin klub Satria F 150 dan Raider itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar